Tips Mengobati Asma Pada Anak

Beberapa hal lebih menakutkan daripada melihat anak Anda bersin dan terengah karena asma, penyakit radang paru-paru yang sangat umum pada anak-anak. Sekitar 25 juta orang Amerika memiliki asma dan sekitar 1 dari setiap 10 anak di Amerika Serikat menderita asma, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

The American College of Allergy, Asma & Imunologi menyatakan bahwa asma adalah penyakit kronis yang paling umum di masa kanak-kanak, akuntansi untuk 13,8 juta hari sekolah yang terlewatkan setiap tahun. Ini juga menyumbang 14,2 juta hari kerja yang hilang untuk orang dewasa.






Pada anak-anak yang menderita asma, paru-paru dan saluran udara menjadi mudah meradang ketika terkena pemicu seperti menghirup serbuk sari di udara atau menangkap pilek atau infeksi pernapasan lainnya.

Penyebab asma pada anak-anak belum sepenuhnya diketahui. Namun, sistem kekebalan tubuh yang terlalu sensitif memiliki peran utama.

Beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan kondisi ini adalah beberapa jenis infeksi saluran napas pada usia yang sangat muda dan paparan faktor lingkungan seperti asap rokok atau polutan udara lainnya. Juga, riwayat keluarga asma atau obesitas dapat meningkatkan risiko mengembangkan asma pada usia dini.

Gejala asma umum pada anak-anak sering batuk, suara siulan atau mengi saat mengeluarkan napas, sesak napas, dada tersumbat dan nyeri dada (terutama pada anak-anak yang lebih muda).

Gejala lain mungkin termasuk kesulitan tidur, serangan batuk atau mengi yang memburuk dengan infeksi pernapasan, pemulihan tertunda atau bronkitis setelah infeksi pernafasan, dan kelelahan.

Gejalanya bervariasi dari anak ke anak dan bisa bertambah buruk atau lebih baik seiring waktu.

Melihat anak Anda menderita asma bisa sangat menyakitkan, karena gejalanya dapat mengganggu bermain, olahraga, sekolah dan tidur. Semua elemen ini dapat memiliki dampak besar pada pertumbuhan anak Anda, baik secara fisik maupun mental.

Sayangnya, tidak ada obat untuk asma. Tetapi dengan perawatan rumah yang tepat dan perubahan gaya hidup, adalah mungkin untuk mengendalikan gejala, meningkatkan kualitas hidup anak Anda dan mencegah kerusakan pada paru-parunya yang semakin besar.

pengobatan rumah untuk asma pada anak-anak

Berikut adalah pengobatan rumah untuk asma pada anak-anak.

1. Kendalikan Pemicu Asma
Karena asma pada anak-anak dipicu oleh faktor-faktor tertentu, penting untuk menyadari pemicu dan menghindarinya sebanyak mungkin. Ini adalah salah satu langkah terpenting dalam mengendalikan serangan asma.

mengendalikan pemicu asma

Pemicu asma yang umum pada anak-anak adalah:

Pilek atau infeksi saluran pernafasan lainnya.
Alergen, seperti tungau debu atau serbuk sari.
Bulu hewan peliharaan.
Olahraga.
Cuaca dingin.
Jamur dan kelembaban.
Paparan kecoa.
Asap rokok dan iritasi lainnya di udara.
Heartburn yang parah (gastroesophageal reflux disease, atau GERD).
Pemicu bervariasi dari anak ke anak, jadi Anda perlu bekerja dengan dokter anak Anda untuk mengidentifikasi pemicu spesifik mereka. Setelah Anda menyadarinya, menjadi mudah untuk membuat rencana aksi mengenai bagaimana Anda dapat membantu anak Anda menghindarinya.

2. Jahe
Ramuan yang sangat terkenal yang digunakan untuk mengobati asma pada anak-anak adalah jahe. Ini memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan saluran napas dan menghambat kontraksi saluran napas.

Sebuah studi tahun 2008 yang diterbitkan dalam Jurnal Fisiologi dan Farmakologi Kanada menunjukkan bahwa jahe menghambat kontraksi saluran napas dan membantu mengobati penyakit pernapasan seperti asma.

jahe untuk asma pada anak-anak

Menurut sebuah studi 2013 yang dipresentasikan di Konferensi Internasional American Thoracic Society, beberapa senyawa dalam jahe dapat membantu merelaksasi jaringan otot polos di saluran udara, yang menyempit selama serangan asma. Namun, studi lebih lanjut masih diperlukan.

Buat anak Anda minum 2 hingga 3 cangkir teh jahe setiap hari. Untuk membuat teh, tambahkan 1 inci jahe (potong kecil-kecil) ke dalam panci berisi air mendidih. Didihkan selama 10 menit, saring, biarkan hingga dingin, lalu berikan ke anak Anda.
Atau, campurkan jus jahe dalam jumlah yang sama, jus buah delima dan madu. Berikan anak Anda 1 sendok makan campuran ini 2 atau 3 kali sehari.
Anda bahkan dapat memberi Anda permen jahe anak.

3. Kunyit
Kunyit adalah ramuan yang efektif untuk mencegah serangan asma pada anak-anak.

Ini mengandung bahan aktif kurkumin, antioksidan kuat dan senyawa anti-inflamasi yang membantu melawan gejala asma.

kunyit untuk mengurangi asma pada anak-anak

Sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical & Diagnostic Research melaporkan bahwa kapsul kurkumin membantu memperbaiki obstruksi jalan napas dan dianggap efektif dan aman sebagai terapi tambahan untuk pengobatan asma bronkial.

Campurkan 1 sendok teh bubuk kunyit ke dalam 1 cangkir susu dan didihkan. Biarkan agak dingin, lalu berikan kepada anak Anda untuk diminum dua kali sehari.
Anda dapat memilih untuk memberikan suplemen kurkumin kepada anak Anda, hanya setelah berkonsultasi dengan dokter.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Makanan Yang Mengandung Banyak Kalsium

Manfaat Kentang Untuk Kesehatan

Daftar Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan